Wednesday, August 15, 2012

Kelas Komik Mari-chan

Dari kelas komiknya Marichan kita dapat suatu pelajaran :) Yaitu tahap-tahap pembuatan komik^^
Inilah tahap-tahapnyaa :

1. Tentukan Tema
    Harus di perhatikan sifatnya seperti apa, bagaimana hubungannya dengan tokoh utama, lalu bagaimana tokoh utamanya, apa yang ingin kau sampaikan melalui cerita itu, apa temanya dan apa pesannya?

2. Temukan Alurmu Sendiri
    Buatlah cerita yang lebih rinci. Plot adalah inti cerita. kalau sudah membuat plot yang sesuai, ceritanya akan melebar.

3. Buat Tokoh Sesuai Tema
    Buatlah tokoh yang sesuai dengan cerita! Kalau ragu, pikirkan terus, baru gambar. Jangan turuti kemauan saja. Yang paling penting adalah sifat tokoh yang mirip dengan mayoritas pembaca. jangan lupa pembagian peran.

4. Buatlah episode dengan konsisten
    Bagilah cerita jadi beberapa bagian penting. yang penting harus jaga konsisten cerita, kerangka cerita! Pokoknya buatlah konflik pembaca semenarik mungkin.

5. Ayo bikin Name!
    Apa itu Name? Name itu bikin panel dan dialog sebelum menggambar. memang susah bikin panel dari kertas kosong. Kalau caranya sang pengarang (Ono Eriko), buat dulu dialognya sampai akhir cerita, lalu bagi-bagi dialog perhalaman. kalau jumlah halaman tak sesuai bisa di kurang atau ditambahi. jangan mengulang episode yang sama. Kalau sudah selesai dengan skenario, saatnya bikin panel.

6. Ayo bikin Name (Pembagian panel)
    Panel itu apa ya? Panel itu kotak2 berisi gambar dan dialog yang ada di halaman komik. Ngerti kan :D ? Panel harus diatur banyanya, dari kanan ke kiri, atas ke bawah (Kalau komik versinya Indonesia ya dari kiri ke kanan). Pikirkan dulu halaman kiri dan kanan. Adegan yang mencolok, panelnya (kotaknya) lebih besar. Dengan variasi bentuk, panel jadi terlihat menarik dan gak membosankan. Pokoknya panelnya harus mudah di baca dan dimengerti.

7. Peralatan Komik

  • Kertas ukuran B4 (kalau A4 juga bisa)
  • Pensil ukuran B atau 2B, bisa juga pensil mekanik
  • Penghapus, untuk menghapus garis panel
  • Pena (seperti merek Boxy) untuk menegaskan garis
  • Penggaris ukuran 30 cm
  • Kuas penghapus, untuk menghapus remah-remah penghapus
  • Screen Tone, u/ menempel beragam motif sebagai tambahan background
  • Tinta putih untuk colour poster (Jika perlu)
  • Mata pena, yang bulat dan untuk pena G (Jika perlu)
  • Tinta, untuk isi pena (Jika perlu)

8. Mengisi dengan Pen
    Kalian harus menggambar sketsa dengan Halus. Pokoknya tinggal di tegaskan dengan pulpen saja. Buat tipis-tipis dengan pensil B-2B. Lakukan pen touch, untuk menegaskan garis. terutama untuk membedakan tokoh manusia dari background nya agar tampak alami. Garis tebal tipis harus jelas, Jangan sampai pudar kena penghapus.

9. Background sangan penting !
    Jangan membuat latar belakangnya sedikit. Jangan lupa perspektif background. Harus rajin nikin background dan barang2 kecil. Misalnya masuk cafe untuk kencan. Seperti apa cafenya? Imut atau dewasa? mereka makan apa? minum apa? Pokoknya buat agas pembaca bisa merasakan suasana.

NB:  Gak boleh mengikuti komik karya orang lain. Itu namanya Plagiat! Plagiat adalah tindakan paling memalukan dalam dunia kreasi! Kalau kau menjiplak gambar di majalah atau komik lain, atau mengambilnya dari internet, itu namanya plagiat. Carilah referensi kalau tak punya ide. Foto sekelilingmu atau banyak nonton tv, buku, dan jalan-jalan. Itu yang membuat wawasan makin kaya.
Tetaplah berusaha mengejar impian ! :) - Ono Eriko

Berminat membuat komik?? Atau menjadi Komikus? Semoga bermanfaat ^_^

Lebih jelasnya ada di komik Hai Miiko jilid 21

2 comments: